Thursday, April 24, 2014

Hari Pertama dan Kedua di IEDUC



Akhirnya setelah berbagai perasaan “teu paruguh” atau dalam bahasa Indonesia perasaan tidak menentu menunggu pengumuman tes program 300 doktor propinsi  Jawa Barat, penantian Saya terbalaskan sudah melihat pengumuman sekaligus undangan tindaklanjut program tersebut dalam inbox email Saya. Alhamdulillah Saya adalah termasuk ke dalam 36 orang sahabat yang lulus dalam tes. Selamat ya !! bagi Saya dan bagi sahabat lainnya.
Sementara itu bagi sahabat saya yang tidak lulus tes, tidak ada kata yang pantas untuk Saya ucapkan selain, jangan patah semangat sahabat! Saya yakin di lain kesempatan sobat dapat lulus dan mendapatkan kesempatan sekolah di luar negeri dengan beasiswa.
Dan bagi Saya sendiri serta 36 sobat lain yang lulus tentunya jangan besar kepala dulu, karena ini belum ada apa-apanya ini hanyalah sebuah langkah kecil dari perjalanan panjang yang akan melelahkan. Ya! Karena yang lulus tes kemarin masih harus menyimpan impiannya bersekolah di negeri impian (mengutip jargon IEDUC), masih banyak hal yang harus dilakukan untuk mewujudkannya. Nyatanya kapasitas kami belum benar-benar mencukupi untuk bisa berangkat, Saya aja hasil tes IELTS kemarin ternyata skornya hanya 3.2 jauh dibawah standar internasional sebesar 6.5.
Untungnya memang seperti itulah program ini, BKD propinsi ternyata faham betul bahwa kapasitas kami di birokrasi sangat terbatas terutama dalam kemampuan berbahasa inggris sehingga mereka mempersiapkan kami dengan terlebih dahulu meningkatkan kapasitas berbahasa inggris. Akhirnya disinilah kami, 36 orang anak manusia yang mengejar mimpinya mengikuti program persiapan IELTS intensif di lembaga bernama IEDUC (International Education Center). Melalui propram persiapan ini kami berharap kami dapat meningkatkan kemampuan kami dalam berbahasa inggris sebagai persyaratan utama untuk mendapatkan beasiswa doktor di luar negeri.
Oke sahabat, selama Saya mengikuti persiapan ini Saya tidak akan pelit memberikan informasi dan berbagi ilmu yang saya dapat dalam pendidikan ini, tujuan Saya adalah agar sehabat pembaca mendapatkan pelajaran yang sama dengan yang saya dapatkan dari pengajar Saya di IEDUC. Lebih lanjut lagi semoga dengan apa yang saya bagikan sahabat bisa mewujudkan impian sahabat untuk meningkatkan kapasitas keilmuan sahabat baik di dalam maupun di luar negeri. Hanya saja Saya titip jika memang sahabat merasakan manfaat dari apa yang saya bagi dalam blog ini dan akhirnya sahabat dapat meneruskan perkuliahan di universitas impian sahabat, maka lihatlah sekeliling sahabat, bangsa dan negara membutuhkan usaha sahabat untuk memperbaikinya. Ok? Tapi jika amanat saya tersebut tidak bisa sahabat penuhi maka lupakanlah, karena buat apa saya membagi dengan orang yang tidak punya komitmen terhadap bangsa dan negara yang saya cintai. Mendingan Anda ke laut aja.
Akan tetapi jika sahabat satu komitmen dengan saya yo mari kita berbagi.
Sahabat hari ini adalah hari kedua pembelajaran saya di IEDUC, setelah pada hari pertama kami disuguhi sebuah diagnostic test untuk mengukur kemampuan awal bahasa inggris kami, hari ini kami belajar beberapa tips dan trick untuk mendapatkan nilai tinggi dalam tes IELTS. Tes IELTS sendiri adalah sebuah tes  untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing Sistem. Skor IELTS yang dipergunakan untuk memperlihatkan kemampuan berbahasa inggris dan dijadikan sebuah persyaratan bagi seseorang yang ingin meneruskan perkuliahan di luar negeri terutama di eropa, Amerika dan Australian.
Skor IELTS yang dipersayaratkan pada satu universitas dengan universitas lainnya sebenarnya berbeda, sebagai contoh di Herti School of Governance dimana Saya menggantungkan impian Saya persyaratan skor IELTS-nya adalah 7, sementara itu di universtas lain di Australia ada yang mempersyaratkan skornya sebesar 6,5. Jadi persyaratan skor bagi setiap universitas tentunya berbeda untuk dapat melihatnya sahabat harus langsung mengecek ke website resmi universitas yang ingin sahabat tuju. Akan tetapi jika kita rata-ratakan kebanyakan universitas mempersyaratkan skor untuk IELTS adalah 6,5 dengan skor tiap sub tes nya di atas 6.
Untuk memahami tentang skor sub tes dalam IELTS tentunya sahabat perlu mengetahui terlebih dahulu tentang struktur soal IELTS. Struktur soal dalam tes tersebut terdiri dari 4 (empat) sub tes yaitu Reading, Listening, Writing dan terakhir Speaking. Reading seperti tes bahasa inggris lainnya kita akan disuguhi beberapa bacaan dan pertanyaan pada setiap bacaannya. Sementara itu dalam listening kita akan mendengarkan beberapa percakapan dan kemudian disuguhi beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan percakapan tersebut. Sub tes ketiga adalah writing dimana kita harus menulis sebuah analisa dan topik yang diberikan dalam buku soal dan terakhir adalah speaking dimana kita akan melakukan wawancara dengan petugas tes menggunakan bahas inggris.
Tingkat kesulitan IELTS menurut saya sedikit berada di atas Toefl, TOIEC terlebih jika kita bandingkan dengan soal tes bahasa inggris dalam ujian sekolah dulu. Sedikit bocoran saja untuk sub tes listening misalnya jika dalam toefl kita hanya diberikan soal yang simple dan terjawab dengan mudah melalui percakapan yang kita dengarkan, maka dalam IELTS kita dibawa sedikit lebih tinggi yakni mendengarkan bagaimana sang speaker mengejakan nomor dan hurup dengan cepat. Pokoknya standar kesulitan IELTS menurut saya lebih tinggi ketimbang tes bahasa inggris lainnya.
Saya kira cukup dulu ya sob untuk artikel saya kali ini semoga memberikan manfaat buat Sahabat, o iya, khusus untuk kali ini dan 3 bulan ke depan maka sahabat akan mendapatkan dua artikel dari Saya. Artikel tersebut memiliki materi yang sama akan tetapi berbeda versi yaitu yang satu dalam versi Indonesia dan yang satunya lagi dalam versi inggris. Maklum sahabat saya lagi meningkatkan kemampuan bahasa inggris Saya dan kata my teacher jika Saya ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris maka Saya harus berlatih banyak, jadi pembagian versi ini adalah upaya Saya untuk meningkatkan kemampuan Saya itu.

No comments:

SEBUAH BUKU TENTANG PEGAWAI NEGERI

..

terpopuler

PNS

ABDI NEGARA

ABDI MASYARAKAT