Tuesday, November 12, 2013

Perseta####...! dengan Pangkat dan Jabatan!!



  1. Prolog
Bangsa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dengan berbagai potensi yang luar biasa, akan tetapi ironisnya potensi yang luar biasa tersebut belum mampu menghantarkan bangsa ini ke depan pintu gerbang kemakmuran. Salah satu yang ditengarai sebagai penyebab hal tersebut adalah perilaku alat negara terutama para pegawai negaranya.
Untuk merubah perilaku manusia yang harus dilakukan terlebih adalah merubah pola pikirnya, karena salah satu faktor pembentuk perilaku adalah pola pikir. Buku ini hadir untuk melakukan hal tersebut, yaitu merubah pola pikir (mindset) pegawai negara, dengan mengerti arti kehidupan, paham tentang kuadran kehidupan, memaknai pilihan hidup sebagai PNS dan bertekad menjadi pegawai Negeri Paripurna, diharapkan PNS dapat merubah perilakunya, sehingga tercipta Pegawai negeri yang berintegritas tinggi, amanah dan memiliki kinerja luar biasa.
  1. Arti Kehidupan
Apakah Arti Kehidupan ?
Kehidupan dunia tidak lebih dari sebuah sarana untuk menghimpun bekal bagi kehidupan sesungguhnya nanti, yaitu kehidupan sesudah kematian yang kekal abadi. Dalam kehidupan setelah kematian manusia hidup sebagai akibat dari kehidupan sebelumnya, semakin baik hidup sebelumnya (dunia) maka semakin makmur hidupnya kelak dan sebaliknya semakin buruk kehidupan dunianya maka akan semakin menderita dia di kehidupan setelah kematiannya.
Apakah bekal untuk kehidupan yang sesungguhnya itu?
Untuk mendapatkan kehidupan akhirat yang bahagia maka kita harus memenuhi bekal kita dengan berbagai macam ibadah. Ibadah sendiri adalah sebuah konsep yang luas, ia tidak hanya berupa ibadah “protokoler” berupa hubungan dengan tuhan semata, melainkan di dalamnya terdapat bentuk ibadah yang berhubungan langsung dengan manusia lainnya, yaitu berupa nilai-nilai kebajikan dan kemanfaatan bagi manusia lainnya.
Jadi beribadahlah sebanyak mungkin, berikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi manusia lainnya maka niscaya kehidupan setelah kematian akan kita songsong dengan penuh kenikmatan dan kebahagiaan.
  1. Kuadran Kehidupan
Robert T Kiyosaki mengemukakan sebuah pendapat tentang kuadran kehidupan yang membagi manusia berdasarkan kekuatan finansialnya. Kuadran kehidupan yang dikemukakan dalam buku ini adalah kuadran yang membagi manusia berdasarkan amal ibadahnya.   
Pada dasarnya seluruh manusia memiliki sumber daya yang sama yang secara adil telah diberikan tuhan. Sumber daya itu berupa kekayaan, kekuasaan dan penghormatan. Pilihannya ada pada manusia apakah akan memanfaatkannya untuk kebajikan atau sebaliknya akan menggunakannya untuk menghamba pada kemungkaran. Berdadasarkan cara manusia memanfaatkan sumber dayanya maka akan tercipta empat kuadran kehidupan yaitu kuadran pertama Sukses Dunia Sengsara akhirat, Kuadran Kedua Sengsara Dunia dan Akhirat, Kuadran Ketiga Sabar Dunia Sukses Akhirat dan terakhir Kuadran Keempat, Sukses Dunia Bahagia Akhirat.

  1. PNS Sebagai Pilihan Hidup
kehidupan di dunia ini penuh dengan pilihan termasuk di dalamnya peran dan pekerjaan, Pegawai negara sesungguhnya adalah sebuah pilihan hidup yang memiliki konsekuensi tersendiri. Konsekuensi tersebut berupa perikahidupan yang telah diatur berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Posisi Pegawai negeri sendiri adalah sebuah posisi mulia dengan tujuan yang amat mulia yaitu membantu negara mensejahterakan rakyatnya. Posisi itu jika dilaksanakan dengan sebaik-baiknya niscaya akan menempatkan seorang manusia pada posisi terhormat dihadapan tuhan dan manusia.
Kebanyakan pegawai negeri tidak menyadari hal tersebut, pola pikirnya sering kali tertutup dengan nafsu duniawi yang mendewakan “aku dan diriku”, sehingga kepentingan pribadi sering kali mendominasi pelaksanaan tugasnya dari pada kepentingan organisasi dan negaranya. Hal tersebut dapat dilihat dari praktek-praktek penyelahgunaan kewenangan oleh para pegawai negeri yang dewasa ini semakin meningkat.
Untuk memperbaikinya kita tidak bisa hanya tergantung pada aturan semata, harus ada sebuah kesadaran masif dari para pegawai negeri untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuannya, selain itu yang sangat dibutuhkan saat ini juga adalah pegawai negeri dengan karakter positif yang kuat sehingga meskipun kondisi lingkungan sedemikian “carut marut” nya dia tetap memiliki integritas dan tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan dan rakyatnya.
  1. Menjadi PNS Paripurna 
Tujuan hidup seorang manusia sesungguhnya bukanlah harta, pangkat ataupun penghormatan. Tujuan hidup manusia yang sesungguhnya adalah kebahagiaan hidup dunia dan akhirat, hal itu akan didapat manakala manusia memiliki kehidupan yang berkah, kematian yang mulia dan setelah kematian tuhan menempatkannya di surganya Tuhan, maka dari itu alangkah bahagianya jika seorang manusia dapat hidup penuh berkah, mati dalam kemuliaan dan masuk surga.
Manusia seperti ini saya sebut dengan “Manusia Paripurna”, begitupun dengan seorang pegawai negeri, menjadi “PNS Paripurna” adalah tujuan hidup seungguhnya. Untuk mencapai hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah butuh kerja keras dan pengorbanan. 
Meskipun sulit bukan berarti tidak bisa, bagi seorang pegawai negeri untuk menemukan keberkahan hidup, kematian mulia dan menjadi penduduk surga relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan pekerjaan-pekerjaan lain. Seorang pegawai negeri tidak perlu bekerja lebih berat cukup bekerja satu kali lipat saja maka dia akan menemukan keparipurnaan hidup. Hal ini karena kedudukan strategis pegawai negeri sebagai pembantu negara mensejahterakan rakyatnya.
Logikanya adalah karena membantu negara mensejahterakan rakyat adalah sebuah kebajikan yang merupakan amal ibadah yang sangat besar. Dengan mensejahterakan rakyat maka kita telah memberikan manfaat bagi orang lain, dan itu merupakan amal ibadah yang jika dilakukan dengan baik maka selain keuntungan finansial berupa gaji, ada keuntungan lain yang akan anda dapat yaitu anda telah berinvestasi untuk kematian dan kehidupan setelah kematian anda.
Untuk dapat  menjadi seorang PNS Paripurna yang harus anda lakukan adalah Tidak perlu bekerja berkali lipat cukup satu kali lipat saja, Berprinsiplah:  jangan sampai kesalahan ada pada anda! Tingkatkan Kemampuan Anda! Pangkat dan Jabatan, go to the hell ! Menulislah,  Beorientasi pada proses dan hasil sekaligus, dan Jadilah seorang PNS yang Kaya Raya dan diberkahi Tuhan.

No comments:

SEBUAH BUKU TENTANG PEGAWAI NEGERI

..

terpopuler

PNS

ABDI NEGARA

ABDI MASYARAKAT