Tuesday, November 12, 2013

Renungan Hari Pahlawan

Hari ini Minggu 10 Nopember 2013 Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan yang ke 68. Berbagai acara dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. Acara-Acara protokoler semisal Upacara Bendera, Ziarah Kubur dan pemberian penghargaan serta acara-acara non protokoler seperti menyambangi rumah veteran dan seminar kepahlawananpun tidak lupa diselenggarakan oleh seluruh elemen bangsa. 
semua itu merupakan upaya bangsa ini untuk memberikan sedikit ucapan terima kasih kepada para pahlawan yang telah dengan gagah berani memperjuangkan kemerdekaan bangsa sehingga saat ini kita dapat hidup senang di alam kemerdekaan.
akan tetapi diantara seluruh rangkaian acara tersebut ada sesuatu yang hilang dari pengamatan, atau jika tidak ingin diistilahkan seperti itu, kita bisa menyebutnya sebagai sesuatu yang belum tercapai sebagai makna dari hari Pahlawan yakni semangat kepahlawanan.
Ya! semangat kepahlawanan perlahan tapi pasti mulai hilang dari jiwa dan hati bangsa indonesia. seiring berjalannya waktu dan besarnya tempaan globalisasi dengan segala pengaruh buruknya, sifat-sifat kepahlawanan tersebut jarang sekali terlihat.
Dari pemerintah pun dari masyarakat kita tidak pernah melihat orang membicarakan nilai-nilai kepahlawanan dengan serius, sekalipun kita membicarakan hal itu, maka senyuman sinis dan mengejek akan menyahuti setiap pembicaraan. 
Memang ironis ketika bangsa ini terpuruk dan membutuhkan suntikan semangat kepahlawanan, tetapi justru hal tersebut menjadi begitu tabu dan terkadang memalukan.
Ketika kita berbicara bangsa dan negara maka orang akan menjawab dengan melecehkan. ketika kita berbicara "demi bangsa dan negara" maka akan tersunging sebuah senyuman sinis dari bibir teman kita.Itulah bukti telah hilangnya semangat kepahlawanan dari jiwa bangsa Indonesia.
Dahulu ketika kita berbicara "merdeka atau mati" maka seluruh bangsa akan berteriak "merdeka!", tapi jika sekarang kita bebicara "untuk kepentingan negara" maka akan terkesan munafik dan "sok bersih" .
Jadi! Disela acara peringatan Hari Pahlawan ini mungkin ada baiknya kita melakukan introspeksi berjamaah dan ajukan pertanyaan kepada masing-masing. 
Untuk apa kita memperingati Hari Pahlawan jika semangat kepahlawanan itu telah hilang dari jiwa kita?
Post a Comment

SEBUAH BUKU TENTANG PEGAWAI NEGERI

..

Blog Archive

terpopuler

PNS

ABDI NEGARA

ABDI MASYARAKAT